Notification

×

Wabup

Wabup

Sintang 1

Sintang 1

Wabup Sekadau, Buka Kejuaraan Catur Yang Digelar Percasi Sekadau

Jumat, 28 Januari 2022 | 11.38.00 WIB Last Updated 2022-01-28T04:38:28Z


SEKADAU, transkapuas.com - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) kabupaten Sekadau mengelar Kejuaraan Catur Standar Senior Bupati Cup I tahun 2022 yang berlangsung di Warkop Lupung Jalan Merdeka Selatan pada Jumat - Minggu (28-30/1/2022). 

Kejuaraan diikuti 70 peserta dari berbagai kalangan dan profesi termasuk 12 Atlet Junior yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama(SMP). 

Ketua Panitia Kejuaraan Catur Standar Senior 2022 Jamaludin, menyebutkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para atlet Catur yang selama ini memiliki bakat namun terpendam agar dapat menunjukan kemampuannya dalam olah raga catur.

"Harapan kita adalah catur sebagai prestasi, sebagi keluarga dan catur sebagai olahraga," kata Jamaludin.

Ketua Percasi kabupaten Sekadau Sovian Marlon, menyebutkan kejuaraan ini bertujuan untuk menggali potensi para atlet pecatur 

"Kejuaraan ini bertujuan untuk menggali potensi para atlet pecatur kita. Kejuaraan ini kejuaraan Senior, tapi kita  mengikutsertakan 12 atlet junior yang masih duduk di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama," kata Sovian Marlon.

Pada bulan Februari 2022 mendatang akan dilaksanakan kejuaraan atlet catur khusus junior yang akan berlangsung di SMAN 1 Sekadau pada 11-12 Februari mendatang.

"Saat ini kita mengikutsertakan 12 Atlet catur Junior yang terdiri dari 6 Atlet putri dan 6 atlet putra. Sedangkan Atlet termuda atas nama Theopilus Pasaribu (9) masih dudum di bangku kelas 4 Sekolah Dasar terang mantan Atlet peraih tiga kali medali Emas Tingkat Provinsi Kalbar," tutup Sovian Marlon.

Ketua KONI kabupaten Sekadau Rusmin Nuryadin, mengatakan, di kabupaten Sekadau cabor Catur merupakan cabang Favorit kita, karena pada Porprov 2018 kita memperoleh 3 Emas dan satu perak. 

Kegiatan ini kata dia di disamping untuk menjaring atlet catur juga merupakan kejuaraan pertama yang di selengarakan di kabupaten Sekadau.

Sementara itu, wakil bupati Sekadau Subandrio, yang di daulat untuk membuka kejuaraan Catur bupati cup 2022 mngatakan bahwa Pemkab Sekadau sangat mendukung kejuaraan ini.

"Sebab, catur merupakan salah satu cabang olah raga penyumbang medali emas terbanyak pada Porprov 2018 untuk kabupaten Sekadau," kata Wabup. 


"Selain itu, Catur merupakan olah raga yang penuh dengan seni dan mengasyikan dimana para atlet mampu mengolah otak kanan dan otak kiri secara bersamaan" ucapnya.

"Kedepan Percasi bisa melaksanakan pertandingan Catur dijenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama untuk menjaring atlet -atlet yang berbakat, sebab selain olah raga catur juga bisa mempererat silahturahmi," pungkas Wabup.

Usai memberikan sambutannya, wabup Subandrio langsung membuka kejuaraan dan dilanjutkan dengan pertandingan eksibisi dengan Anggota DPRD fraksi Hanura Liri Muri SE. (sy) 

×
Berita Terbaru Update