Notification

×

Selamat datang presiden RI

Selamat datang presiden RI

Sukses, Mubes Perdana Suku Dayak Sekadau

Sabtu, 29 Januari 2022 | 19.40.00 WIB Last Updated 2022-01-31T00:52:19Z

Foto bersama setelah acara Mubes selesai


SEKADAU, transkapuas.com - Sub Suku Dayak Taman Sekadau menggelar musyawarah besar (Mubes) perdana di gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) nomor 12 Rirang Jati kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau, Sabtu (29/1/2022).

Kegiatan Musyawarah Besar ke-1 Suku Dayak Taman Sekadau tahun 2022 dibuka langsung oleh Camat Nanga Taman, Paulus Ugang. 

Dalam sambutannya, Camat Nanga Taman Paulus Ugang, mengatakan musyawarah besar ini sebagai upaya membentuk kepengurusan suku Dayak Taman sebagai wadah berkumpul dan berkreatifitas antar anak muda untuk melestarikan budaya dan adat istiadat. 

"Semoga Mubes ini dapat melahirkan pemimpin yang bukan hanya terpilih secara proses formatur persidangan tetapi  benar-benar terpanggil berkarya dan melayani," katanya. 

Beliau juga berharap pengurus terpilih nanti mampu bekerja dengan baik. 

"Saya berharap kepada pengurus yang terpilih nantinya agar mampu membuat program kerja yang baik, merangkul semua unsur lapisan dayak Taman agar bersinergi bersama suku-suku lainnya dan Pemerintah Kabupaten Sekadau," tegas Camat. 

Anggota DPRD Sekadau Dapil 2 dari fraksi Demokrat Hasan,mengatakan DPRD Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini yang dimana kegiatan ini merupakan pelestarian adat budaya. 

"Saya berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi kita untuk terus tumbuh dan berkembang serta meningkatkan sumber daya manusia yang baik dalam pelestarian adat budaya," pintanya. 

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Nanga Taman, Petrus Onem menyampaikan DAD kecamatan Nanga Taman sangat mendukung kegiatan Musyawarah Besar ke-1 suku Dayak Taman tahun 2022.

"Semoga musyawarah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan semoga dengan adanya Mubes ini kami harap bisa memilih ketua yang baik, peduli, paham dan mampu  menjalankan tugas dengan baik," kata Onem. 

Tito Donatus, ketua panitia Mubes ke-1, mengatakan rangkaian acara ini dimulai dari pembukaan musyawarah dilanjutkan dengan sidang pleno yang berkaitan dengan penetapan organisasi dan penetapan salam khas suku Dayak Taman serta acara puncaknya pemilihan ketua umum suku Dayak Taman Kabupaten Sekadau. 

"Calon ketua umum ada 4 orang dan ketua terpilih nanti akan membentuk kepengurusan dan akan membentuk ADRT dan akan melegalitas organisasi suku Dayak Taman ini agar terdaftar di Kesbangpol," pungkasnya. 

Dari 4 calon kandidat tersebut, dalam pemilihan Ketua Sub Suku Dayak Taman, terpilihlah Saudara Gunawan sebagai Ketua, mengungguli 3 kandidat lainnya. Dan untuk jadwal pelantikan, akan ditentukan kemudian. (Sy) 



×
Berita Terbaru Update